Senin, 07 Juni 2010

RPP Aqidah akhlak untuk mahasiswa KKL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH :
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : II
TAHUN : 2009/2010

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna Iman dalam konsep ahli sunah wal jama’ah.

B. KOMPETENSI DASAR
- Menyebutkan definisi Nabi, Rasul dan definisi iman kepada Rasul
- Menyebutkan sifat-sifat Rasul
- Menjelaskan keiman kepada Nabi Muhammad
C. MATERI PEMBELAJARAN

Beriman Kepada Para Rasul
- Definisi Nabi dan Rasul
- Nubuwah sebagai anugerah Illahi
- Sifat-sifat dan Mu’jizat Rasul
- Beriman Kepada Segenap Rasul
- Beriman Kepada Muhammad Sebagai Nabi dan Rasul

D. INDIKATOR
- Mendefinisikan Iman kepada rasul dengan baik
- Mampu membedakan antara Nabi dan Rasul
- Menjelaskan sifat nubuwah
- Mengetahui dan menyebutkan contoh mukjizat
- Mengimani segenap Rasul
- Meyakini kerasulan Muhammad sebagi Rasul dan nabi terakhir

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui.Definisi Iman Kepada Rasul
2. Mengetahui Perbedaan Nabi dan rasul
3. Mengetahui Rasul-rasul dan nabi-nabi
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. mengetahui dalil-dalil tentang adanya rasul
2. menyebutkan mukjizat yang dimiliki rasul
3. Mengetahui dan mengimani segenap rasul
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui hadits Nabi tentang Rasul
2. Mengetahui


F. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

G. ALOKASI WAKTU
3 X 45 Menit

H. SUMBER BELAJAR
-
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan


Kisaran, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



Drs, Makmur Syukri ...................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : II
TAHUN : 2009/2010

A. STANDAR KOMPETENSI
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir

B. KOMPETENSI DASAR
- Menyebutkan definisi definisi iman kepada hari akhir
- Menyebutkan peristiwa yang terjadi setelah kematian
- Menjelaskan kiamat dan tanda-tandanya
- Menyebutkan peristiwa-peristiwa di hari akhir

C. MATERI PEMBELAJARAN
Beriman Kepada Hari Akhir
1. Beriman Kepaa Hari Akhir serta Maksudnya
2. Manhaj (Metode) Al Qur’an Dalam Menetapkan Ba”ts
3. Peristiwa setelah Kematian
4. Kiamat dan Tanda-tandanya
5. Kebangkitan dan Mahsyar

D. INDIKATOR
- Membaca ayat-ayat Makiyah tentang hari kiamat
- Menyimpulkan metode Al Qur’an tentang hari kiamat
- Menyebutka peristiwa-peristiwa di hari kiamat
- Mengetahui tanda-tanda hari kiamat

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- mengetahui Pengertian Beriman Kepada Hari Kiamat
- Mengetahui Dalil tentang adanya hari kiamat
- Mengetahui Peristiwa hari kiamat
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui Tanda – tanda hari Kiamat
- Menghafal ayat tentang hari kiamat
.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui Peristiwa yang terjadi pada hari kiamat
- Mengetahui tentang adanya hari kebangkitan di padang masyhar


F. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.



G. ALOKASI WAKTU
3 X 45 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Kitab Aqidah Akhlak Karya Toha Putra
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan


Kisaran, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran




Drs... ...................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH :
MATA PELAJARAN :A. AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : II
TAHUN : 2009/2010

A. STANDAR KOMPETENSI
Meningkatkan keimanan kepada Qadlo dan Qadar

B. KOMPETENSI DASAR
a. Menyebutkan definisi Qodlo’ dan Qadar dan iman kepada Qodlo’ dan Qadar
b. Menjelaskan tingkatan iman kepada Qadla’ dan Qadar
c. Menyebutkan macam-macam takdir
d. Menjelaskan madzhab ahli sunnah wal jama’ah dalam Qodlo’ dan Qadar
C. MATERI PEMBELAJARAN
Beriman Kepada Qadha dan Qadar
1. Definisi Qadha dan Qadar
2. Beriman Kepada Qadha Allah dan Qadarnya
3. Tingkatan Beriman Kepada Takdir
4. Macam-macam Takdir
5. Larangan Memperbincangkan Secara Mendalam Masalah Takdir
6. Madzhab Salaf Dalam Qadha dan Qadar
7. Berdalih Dengan Qadha dan Qadar Untuk Melakukan Maksiat
8. Hukum Berdalih Dengan Takdir Ketika Tertimpa Musibah.

D. INDIKATOR
- Mendefinisikan dengan benar qadha dan qadar
- Menjelaskan prinip ahli sunah dalam menghadapi qada dan qadar
- Mengetahui tingkatan iman kepada qada dan qadar
- Menjelaskan hukum orang yang berdalih dengan takdir

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui Pengertian Qadha dan Qadhar
- Mengetahui Pengertian iman kepada Qadha dan Qadhar
- Mengetahui tingkatan iman terhadap takdir

Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui Macam-macam takdir
- Mengetahui dalil tentang Qadha dan Qadhar

Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui Hukum berdalih dengan takdir
- Mengerahui Tingkatan iman kepada qadha dan qadhar

F. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.


G. ALOKASI WAKTU
3 X 45 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Kitab Aqidah Akhlak Karya Toha Putra
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan


KISARAN, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



Drs........... ...................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hidupkan dakwah dikampus antum, atau antum lebih baik merasa tanpa dakwah.. wallahu a'lam